AKU

Dari dulu hingga sekarang kita nggak pernah tahu definisi yang sesungguhnya tentang AKU. Emang sih kalau dalam Ilmu Bahasa {Etiomologi}AKU adalah kata ganti orang pertama. Namun itu hanya sebatas teori saja dan nggak pernah ada yang mencoba untuk mewujudkan, mengabstrakkan, atau bahkan menyatakannya sebagai suatu benda.

Kalau kita mencontohkannya pada kalimat “Aku pergi ke sekolah” ini merupakan bentuk kalimat yang terdiri dari Subyek {aku}, Predikat {pergi}, dan keterangan tempat {ke sekolah} dengan penguraian sbb:
• Sekolah : merupakan tempat dimana kegiatan belajar mengajar berlangsung
• Pergi : merupakan aktifitas perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain
• Aku : belum bisa mendefinisikan secara mendetail {karena belum tahu jawabannya.}
Contoh lain adalah kata pada kalimat “ HIDUNGKU” yang terdiri dari kata “hidung “dan ku” [asalnya dari kata “aku” kemudian diringkas menjadi “ku”]. Hidung merupakan salah satu indra kita yang berfungsi sebagai pencium. Sedangkan kata “ku” itu apa????. Anda tahu jawabannya? silahkan comment….. MONGGO


9 Comments:

  1. shin said...
    kami gak bisa berkata lebih dari ini,
    (aku)adalah isi bukan kulit.
    abeeL said...
    Itu ANU bukan AKU choy....
    shin said...
    Ya' gini beel..!
    (Aku)adalah.?keseluruhan.gak bisa di sebut,satu per satu
    abeeL said...
    lantas garis besarnya gimana? :s
    rufaida said...
    aku adalah aku bukan kamu,,,,,,,
    ambar said...
    (aku) itu kata ganti nama seeorang pas lagi ngomong tapi gak nyebutin namany.
    cth:
    saat kamu ditanya,"novelnya dimana?" biasanya kamu akan jwab,"aku gak tau". yg bner "abeel gak tau". jadi itulah (aku),berfungsi sebage kt ganti ato perwkilan dari nama seseorang.
    abeeL said...
    kalo dlm Ilmu Balaghoh, dlm contoh yg anda sebutin td itu namanya ISTI'ARAH {tembung nyilih} ngono yu.. :b-(
    ambar said...
    ambuh kang gak ngerti aku.........
    abeeL said...
    podo karo aku, kenther podo gendhenge =-*

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda